Hukum Perhiasan Dalam Islam

By | January 14, 2022

Hukum Perhiasan Dalam Islam. Dalam hr nasa'i, rasulullah saw berfirman, wahai kaum perempuan, tidakkah kalian itu memakai perhiasan perak. Rasulullah pun mengeluarkan anjuran perihal ini.

Hukum Memakai Gelang Kaki Pada Wanita Dalam Islam
Hukum Memakai Gelang Kaki Pada Wanita Dalam Islam from budayakanberislam.blogspot.com

Akan tetapi, kemakruhan didapatkan bagi orangtua atau siapapun yang memakaikannya. Dalam terjemahan ayat tersebut telah dikatakan, bahwa islam tidak melarang umatnya untuk memakai gelang kaki namun seorang wanita dilarang untuk menghentakan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan, karena dikhawatirkan hal tersebut akan mengundang zina dalam islam, dan memperdengarkannya sama saja dengan menampakan. Islam tidak pernah menafikkan cinta, karena allah swt berfirman kepada kita semua dalam alquran allah sampaikan:

Memakai Perhiasan Merupakan Sifat Umum Yang Dimiliki Oleh Kaum Wanita, Baik Itu Perhiasan Yang Terbuat Dari Emas, Perak, Maupun Dari Bahan Lainnya.

Hukum lelaki memakai emas ketika sholat; Islam pun telah menjelaskan mengenai hukum memakai perhiasan dalam islam bagi wanita dan pria, dan didalam hukum tersebut allah telah memperbolehkan para wanita untuk memakai perhiasan sebagai bentuk usaha untuk mempercantik diri selama itu masih dalam batasan wajar. Hukumnya seorang laki laki mamakai kalung emas.

Memakai Kalung Selain Emas Untuk Perhiasan.

Karena perhiasan berupa kalung adalah ciri khas wanita. Menggunakan perhiasan berlebihan juga dapat menimbulkan sifat sombong atau riya dan timbulnya fitnah. Ayat ini berbunyi “dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara.

Perbuatan Ini Termasuk Menyerupai Wanita.

Sebelum membahas silang pendapat antara para ulama tentang wajibnya zakat perhiasan, alangkah baiknya kita perhatikan dengan seksama beberapa uraian masalah berikut: Dari amirul mu’minin ali bin abi thalib ra., bahwa rasulullah saw. Menurut buku fiqih wanita yang ditulis oleh qomaruddin qurwah bahwa wanita mempunyai fitrah dalam menyukai perhiasaan, tetapi dalam penggunaannya harus sesuai aturan islam.

Perhiasan Yang Digunakan Bisa Menjadi Pemancing Kejahatan Yang Juga Dapat Mengancam Keselamatan Nyawa Anda.

Allah swt telah berfirman : Selain tidak diperbolehkan berlebihan dalam islam, menggunakan perhiasan dengan berlebihan juga dapat merugikan diri sendiri. Seperti memakai kalung perak atau kuningan.

Islam Tidak Pernah Menafikkan Cinta, Karena Allah Swt Berfirman Kepada Kita Semua Dalam Alquran Allah Sampaikan:

Dalam hr nasa'i, rasulullah saw berfirman, wahai kaum perempuan, tidakkah kalian itu memakai perhiasan perak. Berikut ini adalah antara perhiasan yang ada dan biasa digunakan oleh para wanita pada zaman rasulullah s.a.w atau tradisi arab dahulu: “dan apakah patut (menjadi anak allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan berperhiasan sedang dia tidak dapat memberi alasan yang terang dalam pertengkaran.” (qs.

Leave a Reply

Your email address will not be published.